Pemberian susu formula menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan orangtua demi memenuhi gizi anak. Produk susu formula Bebelac merupakan pilihan tepat untuk melengkapi gizi yang dibutuhkan di masa pertumbuhan si kecil. Kandungan gizi yang terdapat dalam susu formula ini akan menjadi sumber zat gizi yang tidak diperoleh dari makanan.

Penyimpanan Susu Formula

Setelah produk susu formula dibuka dari kemasan, maka Anda harus menyimpannya dengan cara yang tepat. Susu formula yang tidak disimpan dengan benar akan berubah kualitasnya dan tidak layak diberikan pada si kecil. Berikut adalah 5 cara tepat menyimpan susu formula yang dapat Anda lakukan:

  • Pakai Wadah Kedap Udara

Usahakan untuk menyimpan susu formula yang sudah dibuka ke dalam wadah kedap udara. Misalnya, jika Anda membeli produk susu Bebelac dengan kemasan kardus dan tidak mendapat wadah kalengnya. Pindahkan susu bubuk tersebut ke wadah sendiri yang bersifat kedap udara. Wadah ini akan melindungi susu dan mencegah terjadinya penggumpalan pada serbuk susu. 

  • Pastikan Wadah Steril

Sebelum memindahkan susu bubuk tadi ke wadah, pastikan bahwa wadah tersebut dalam kondisi bersih atau steril. Cuci dulu wadah yang akan dipakai lalu keringkan. Sangat disarankan untuk menyimpan susu bubuk di wadah yang baru. Jika ingin memakai wadah lama maka pastikan tidak ada sisa bau yang tertinggal di wadah tersebut. 

  • Hindarkan dari Sinar Matahari

Pastikan untuk tidak meletakkan wadah berisi susu bubuk tadi di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan suhu di dalam wadah meningkat. Jika suhunya tinggi maka perkembangan bakteri dalam wadah juga akan berjalan lebih cepat. Hal ini tentu menjadi pertanda buruk dan akan berbahaya jika nantinya susu diminum oleh si kecil.

  • Simpan di Tempat Kering

Usahakan untuk menyimpan susu bubuk tadi di tempat yang kering. Anda bisa meletakkannya di dalam lemari kaca yang tidak lembab. Namun, hindari penyimpanan di dalam lemari es. Susu bubuk sebaiknya disimpan di suhu ruang, tidak lembab juga tidak terpapar sinar matahari langsung.

  • Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Selalu cek tanggal kadaluarsa susu formula sebelum membeli. Setelah dipindahkan ke wadah khusus, berikan label kapan tanggal kadaluarsa produk susu tersebut. Usahakan untuk secepat mungkin menghabiskan susu bubuk yang sudah dibuka. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada bakteri yang tumbuh dalam susu bubuk setelah kemasannya dibuka. 

 

Itulah tadi 5 cara menyimpan susu formula bubuk yang tepat. Pilihlah produk susu formula yang tepat, sesuai dengan usia sekaligus kebutuhan tubuh si kecil. Anda bisa membeli produk susu formula di toko perlengkapan bayi yang dapat diakses secara online. Gunakan juga penawaran promo untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih hemat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *