Bolehkah Konsumsi Susu Diatas Usia 2 Tahun? Simak Jawabannya!

Bolehkah Konsumsi Susu Diatas Usia 2 Tahun? Simak Jawabannya!

Susu identik dengan anak – anak. Salah satu bahan pangan ini memang memiliki banyak manfaat khususnya untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Susu mengandung sejumlah vitamin dan mineral serta komponen makro yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Salah satu merk susu popular untuk anak adalah Frisian Flag dan banyak supermarket yang jual Frisian Flag untuk anak baik dalam bentuk siap konsumsi maupun dalam bentuk susu bubuk.

Susu untuk anak sendiri memang tidak terbatas hanya Frisian Flag saja. Namun, merk susu ini memang cukup popular dikalangan masyarakat dan banyak toko yang jual Frisian Flag sehingga banyak dipilih. Dalam konsumsi hariannya sendiri, anak berusia 1 – 8 tahun dianjurkan mengonsumsi susu setidaknya 250 ml per harinya atau maksimal 500 ml per hari. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi produk olahan susu lainnya seperti keju maupun yogurt.

Jenis susu yang banyak dikonsumsi masyarakat dunia adalah susu sapi. Kandungan dalam susu sapi baik untuk tubuh dan mampu membantu kesehatan. Karena kaya akan nutrisi baik, maka susu disarankan diberikan untuk anak. Terlebih dalam segelas susu kaya akan vitamin dan  mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin D, kalsium dan protein yang baik untuk tumbuh kembang. Tidak heran bila banyak toko yang jual Frisian Flag untuk mempermudah konsumsi.

Susu memang baik untuk kesehatan dan bahkan mendukung tumbuh kembang anak. Namun, konsumsi susu yang berlebihan untuk anak juga tidak baik bagi kesehatan mereka. Apa saja sih masalah kesehatan yang akan timbul bila konsumsi susu berlebih?

  •         Masalah Pencernaan

Susu yang dikonsumsi sesuai dengan takaran, dapat membentuk antibodi atau imunitas yang baik bagi tubuh. Konsumsi susu yang berlebihan akan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan seperti sembelit. Mengapa demikian? Susu sendiri merupakan pangan yang cukup mengenyangkan sehingga ketika mengkonsumsinya anak cenderung mudah kenyang. Sebab itu anak akhirnya anak tidak mengkonsumsi nutrisi lain seperti sayur atau buah yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit.

  •         Obesitas

Faktor obesitas pada anak bisa disebabkan oleh konsumsi susu berlebihan. Susu mengandung sejumlah komponen termasuk didalamnya lemak dan sejumlah gula dalam bentuk laktosa. Konsumsi susu yang cukup tinggi bisa menyebabkan penumpukan gula dalam tubuh dalam bentuk lemak. Sehingga saat memberikan anak susu ada baiknya sesuai dengan takaran.

  •         Mudah Kekurangan Zat Besi

Kasus anemia pada anak memang cukup sering terjadi. Salah satu faktornya bisa disebabkan dari konsumsi susu. Dimana susu sendiri mampu mengenyangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, tidak semua susu sendiri mengandung zat besi. Bila tidak diimbangi dengan pola makan yang baik maka anak akan mudah kekurangan zat besi. Memberikan anak susu yang ada di toko online perlengkapan bayi sesuai takaran bisa membantu anak lebih sehat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *