Tiga jenis kekayaan intelektual yang berbeda – hak cipta, paten, dan merek dagang – serupa dalam beberapa hal, yaitu melindungi hak seniman atau pencipta atas ciptaannya, tetapi cakupan perlindungan itu sangat bervariasi.

Mari kita lihat sekilas tentang setiap jenis perlindungan kekayaan intelektual.

Hak Cipta

Hak cipta melindungi karya asli dari penulis – contoh biasa yang mungkin Anda pikirkan, seperti buku, film, dan foto, bersama dengan beberapa contoh haki aneh seperti karya arsitektur atau desain lambung kapal.

Anda harus tahu: Hak cipta tidak melindungi sebuah ide, baik itu ide Anda untuk sebuah buku, bisnis, atau lagu. Itu hanya melindungi ekspresi ide itu – benda itu sendiri.

Di mana itu diajukan: Kantor Hak Cipta AS menangani pendaftaran resmi. (Namun, perhatikan bahwa jenis perlindungan IP ini disediakan oleh undang-undang federal bahkan tanpa pendaftaran resmi.)

Paten

Paten melindungi proses, penemuan, dan jenis penemuan ilmiah tertentu. Ini biasanya (dan secara tepat) dikenal sebagai “kekayaan intelektual penemu”.

Anda harus tahu: Ada tiga jenis paten: Desain, Utilitas, dan Pabrik. Perlindungan hukum Anda bergantung pada penyelesaian aplikasi yang benar untuk pendaftaran Anda.

Di mana diajukan: Paten diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS yang berlokasi di Alexandria, Virginia.

Merek Dagang

Anda harus tahu: Dua cara umum untuk menetapkan merek dagang adalah tanda (R) dan TM – tetapi berhati-hatilah saat menggunakannya! (R) hanya untuk digunakan untuk merek dagang terdaftar , sedangkan TM menunjukkan kekayaan intelektual Anda jika Anda tidak terdaftar atau jika permohonan Anda tertunda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *